Harga Solana telah meroket lebih dari 13.000% tahun ini

Harga cryptocurrency Solana (SOL) telah mencapai reli yang mengesankan tahun ini, jauh di belakang mata uang digital lainnya, karena teknologi blockchain inovatif yang diandalkannya, terus menarik minat.

Mata uang digital naik ke rekor tertinggi $214 pada Rabu malam, menandai peningkatan lebih dari 13.000%, dibandingkan dengan harganya pada 1 Januari 2021, ketika harganya sekitar $1,61.

Cryptocurrency turun sedikit menjadi $ 192 pada saat penulisan, tetapi terus mencatat kenaikan lebih dari 11,800% sejak awal tahun.

Solana, yang teknologi inovatifnya telah menarik banyak minat investasi, mengklaim telah menciptakan jaringan blockchain tercepat di dunia.

Menurut buku putih Solana, jaringannya secara teoritis dapat memproses 710.000 transaksi per detik, menggunakan koneksi jaringan 1 gigabit, per detik.

SolanacryptoSolanacrypto

Anatoly Yakovenko, pendiri dan CEO Solana, memberikan contoh yang lebih spesifik tentang bandwidth jaringan blockchain perusahaannya dalam sebuah posting di blog perusahaan.

“Dalam iterasi Solana Testnet saat ini, jaringan 200 node berbeda mendukung pemrosesan berkelanjutan lebih dari 50.000 transaksi per detik saat dijalankan dengan GPU,” komentarnya. “Mencapai ini membutuhkan penerapan beberapa pengoptimalan dan teknologi baru, sekaligus menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kapasitas jaringan yang menandai transisi ke fase baru pengembangan blockchain,” tambahnya.

Solana menggunakan proof-of-history, yang “membuat file history yang membuktikan bahwa transaksi terjadi pada waktu tertentu“. Selain teknologi menjanjikan yang dapat menawarkan kapasitas perdagangan tinggi ini, Solana memiliki kartu lain. Menurut situs web, biaya transaksi rata-rata adalah $0,00025, jauh lebih rendah daripada biaya transaksi rata-rata di jaringan Ethereum pada saat penulisan.

Solana Labs, perusahaan di balik perangkat lunak jaringan, mengumpulkan lebih dari $300 juta selama putaran pendanaan yang dipimpin oleh perusahaan besar seperti Andreessen Horowitz dan Polychain Capital.

Author: Kyle Collins