Bitcoin jatuh selama peluncuran El Salvador

Aksi jual yang tercatat pada hari Selasa di pasar bitcoin, “memecahkan” rangkaian kenaikan hampir 75% dari cryptocurrency sejak akhir Juli.

Nilai total pasar cryptocurrency global telah turun sekitar $300 miliar dalam 24 jam terakhir, menurut CoinGecko.

Menurut Bloomberg, kerugian bitcoin terjadi setelah diadopsi oleh El Salvador sebagai mata uang resmi, yang digambarkan sebagai salah satu ujian terbesar dalam 12 tahun sejarahnya.

Hari ini, cryptocurrency terbesar di dunia tampaknya “mengambil” kerugian kemarin. Harganya diperdagangkan di sekitar $46.000, setelah jatuh 17% kemarin. Tren penurunannya juga menyeret pasar Ether dan Dogecoin turun.

“Platform media sosial sangat waspada pada akhir pekan bahwa penurunan bisa terjadi setelah hari besar El Salvador,” tulis Edward Moya, analis pasar senior di Oanda Corp. Beberapa investor mungkin membeli untuk mengantisipasi negara yang memberlakukan undang-undang Bitcoin pada 7 September, dan kemudian pindah untuk “menjual acara” katanya. Selama akhir pekan lalu, analis di media sosial sangat berhati-hati dengan langkah El Salvador dan telah menyatakan keprihatinan tentang kemungkinan penurunan pada hari pertama bitcoin di El Salvador.

Eksperimen El Salvador dengan Bitcoin memiliki awal yang sulit karena masalah teknis di dompet digital resmi negara itu, yang kemudian ditangani.

ElSalvadorBTCElSalvadorBTC

Presiden El Salvador Najib Boukele mengumumkan melalui twitter bahwa negara tersebut telah mengambil keuntungan dari jatuhnya harga dan membeli 150 bitcoin tambahan, meningkatkan total sahamnya menjadi 550 bitcoin, senilai sekitar $25 juta. Likuidasi sebesar $3,7 miliar dilakukan di pasar selama periode yang sama.

Miliarder Mike Novogratz, CEO Galaxy Investment Partners, mengatakan pasar mata uang digital telah “berjalan” cepat selama delapan minggu terakhir dan telah menjadi “pasar super”. Minat dari investor individu telah meningkat karena institusi besar juga berinvestasi dalam bitcoin, katanya.

Sementara langkah El Salvador mungkin menjadi faktor dalam perubahan Bitcoin, variabel lain juga bisa berperan dalam industri cryptocurrency yang terkenal. Secara khusus, prospek pengurangan langkah-langkah dukungan Federal Reserve merupakan tantangan bagi aset spekulatif, seperti mata uang digital.

Perlu dicatat bahwa Starbucks dan Pizza Hut, menerima pembayaran Bitcoin setelah negara tersebut mengadopsi cryptocurrency. Pengguna Twitter juga melaporkan bahwa mereka dapat membayar sarapan di McDonald’s dengan Bitcoin pada hari Selasa, hari pertama Bitcoin menjadi sarana pertukaran yang sah di negara Amerika Tengah. Bisnis diharuskan menerima Bitcoin sebagai imbalan atas barang dan jasa, meskipun pedagang yang tidak memiliki kemampuan teknologi dibebaskan dari hukum.

Author: Kyle Collins